Selasa, 13 Oktober 2009

PPKM : PENGENALAN PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT

Pengenalan Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PPKM) adalah aktivitas PMR Kita sebagai realisasi dari Janji PMR yang ke-2 dan ke-3, yaitu : Berbakti kepada masyarakat; dan memepertinggi ketrampilan dan memelihara kebersihan dan kesehatan, pada anggota PMR Kita, terutama anggota baru dari kelas I.

Aktivitas PPKM ini bertujuan guna melatih anggota PMR Kita, terutama anggota baru Kelas I agar bisa merasakan pelayanan kesehatan di lingkungan masyarakat yang sebenarnya. Selain itu anggota PMR Kelas I bisa mengisi liburan semester gasal dengan aktivitas yang bermanfaat. Dengan demikian diharapkan anggota PMR Kelas I mendapat pengalaman baru di PMR, sehingga mereka masuk organisasi PMR tidak sia-sia (atau ikut-ikutan saja karena diwajibkan mengikuti organisasi ekstrakurikuler sekolah); dan anggota PMR Kita juga merasakan manfaat nyata di tempat mereka melakukan PPKM.

PPKM adalah program kerja PMR Kita yang pertama kali diselenggarakan oleh Pengurus PMR masa bakti 1993/ 1994. PPKM merupakan inovasi sang Ketua PMR masa bakti 1993/1994 guna dijadikan acuan program kerja PMR kita di masa bakti berikutnya.

Karena PPKM baru diselenggarakan pada kepengurusan masa bakti 1993/1994, tentu saja masih ada kekurangan dalam pelaksanaannya. Beberapa catatan dalam penyelenggaraan PPKM Pertama ini adalah sebagai berikut:
1. Cakupan wilayah/ tempat kegiatan yang cukup luas (diluar kabupaten cirebon/ wilayah III cirebon).
2. Yang seharusnya membuat surat pengantar ke Puskesmas bukan Kepala sekolah (selaku pelindung), tetapi harus dari Pengurus cabang Kodya Cirebon. (Ini menurut Pak Irawan G.P. sebagai Pimpinan PMI cabang Kodya Cirebon)
3. Dalam pelaksanaan kurang/ tidak ada Panitia (pengurus) PMR yang terjun ke lapangan memonitor jalannya kegiatan. Hal ini dikarenakan cakupan wilayah/ tempat penyelanggaraan PPKM cukup luas.

Sebagai bukti bahwa anggota PMR kita telah melaksanakan kegitan PPKM tersebut, anggota PMR Kita peserta PPKM wajib menyerahkan Surat keterangan telah melaksanakan tugas tersebut dari tempat dia melakukan PPKM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar