Selasa, 31 Agustus 2010

PMR SMK NEGERI 1 KEDAWUNG GELAR BAKSOS

TUPAREV, (MD),-
Kaget dan terharu bercampur menjadi satu. Itulah gambaran yang tampak dari raut wajah puluhan gepeng (gelandangan dan pengemis) dan anjal (anak jalanan), ketika dihampiri belasan anggota PMR (Palang Merah Remaja) SMKN 1 Kedawung, Kab Cirebon, yang menggelar bakti sosial, Sabtu (14/10) malam lalu. Juga para penghuni panti asuhan yang juga tidak luput dari perhatian para siswa yang sudah mengagendakan kegiatan serupa setiap bulan Ramadhan itu.

Aksi sosial berupa pembagian pakaian layak pakai dan nasi bungkus tersebut dilaksanakan para anggota PMR, alumni dan guru pembina. Mereka menelusuri sejumlah jalan protokol yang biasa menjadi tempat para gepeng bermukim sekaligus mengais rejeki. Antara lain Jl. kartini, Siliwangi, kali Sukalila, pagongan, parujakan dan sekitarnya.

Para anggota PMR yang diberikan tugas secara berkelompok tersebut juga langsung mendatangi tempat tinggal mereka di bantaran sungai dan tempat kumuh lainnya di pelosok kota. Sebelum memberikan sumbangan, mereka sempat berdialog dengan gepeng dan anak jalanan tersebut. Dari obrolan itu terungkap, latar belakang mereka didominasi para pendatang dari luar kota cirebon yang sengaja datang dengan maksud awal untuk mencoba peruntungan. Namun ternyata, nasib berkehendak lain dan akhirnya terlunta-lunta di kota ini.

Ketua Umum PMR SMKN 1 Kedawung, Rizki Amelia bersama Ketua Pelaksana Bakti Sosial, Rosmeri, mengatakan, kegiatan ini adalah wujud kepedulian pihaknya terhadap anggota masyarakt yang kurang mampu. Melalui penggalangan sumbangan dari sejumlah donatur, siswa, guru dan unsur sekolah lainnya. Kegiatan ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Selain itu, pada Minggu (15/10) pagi, mereka juga berkunjung dan memberikan bantuan paket sembako serta santunan ke Panti Asuhan Budi Asih. Setelah itu giliran Panti Asuhan Beringin Bhakti di Desa Kepompongan, yang juga mendapat bantuan serupa. "Bulan Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk mengasah kepekaan sosialkita," katanya (Die/MD; MITRA DIALOG, Selasa Pahing , 17 oktober 2006/ 24 Ramadhan 1427)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar