Selasa, 08 Desember 2009

PELANTIKAN ANGGOTA PMR WIRA PMR KITA



Sejak keluarnya Surat Keputusan Pendirian PMR SMK Negeri 1 Kedawung (dahulu SMEA Negeri Cirebon) Nomor 735/01/Sekr./PMR/Kep/III/1986, tanggal 31 Mei 1986 oleh Pengurus Cabang PMI Cabang Kodya cirebon, maka proses pelantikan anggota PMR Wira PMR kita harus mengikuti prosedur dari Pengurus Cabang PMR-PMI Cabang Kotamadya Cirebon.

Panitia Pelantikan PMR Tingkat Cabang Kotamdya Cirebon tahun 1987/1988 menyelenggarakan pelantikan PMR Wira se-Kotamadya Cirebon di Bumi Perkemahan Pramuka Kebon Pelok Kecamatan Harjamukti Kotamdya Cirebon selama tiga hari, dari hari Jum'at hingga hari Minggu, tanggal 18 - 20 Maret 1998. Dalam pelantikan model perkemahan ini ada Pengurus Cabang PMR-PMI Kotamadya Cirebon yang jadi sekretaris umum kepanitiannya, adalah salah satu pengurs PMR kita, yaitu mbak Aat Atikah R. Hal ini membuktikan bahwa sejak awal keberadaannya PMR kita sudah berkiprah ke tingkat Cabang Kotamdya Cirebon.

Dalam tahapan selanjutnya, Pelantikan Anggota PMR Wira yang diselenggarakan Pengurus Cabang PMR-PMI Kotamadya Cirebon, biasanya diadakan serentak/ bersamaan dan tidak dalam bentuk perkemahan. Bentuk kegiatannya meliputi test tertulis materi kepalangmerahan. Kemudiannya diakhiri dalam upacara pelantikan oleh PMI Cabang Kotamdya Cirebon.

Setelah Kepala Sekolah SMK N 1 Cirebon Barat/ SMEA Negeri Cirebon/ kini SMK N 1 Kedawung, Bapak Drs. Muskin Diwirya mengeluarkan surat pemberitahuan perpindahan wilayah kerja kepada Pengurus Cabang PMI Cabang Kotamdya Cirebon pada tanggal 30 Maret 1998, dengan Nomor Surat 560/102.18/SMK.01/KM/1998, maka secara otomatis PMR kita beralih induk ke PMI Cabang Kabupaten Cirebon.

Adapun isi surat kepala sekalah tersebut berbunyi sbb :
Berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor 036/0/1997 tentang perubahan Nomen Klatur SMK dan Tata Kerja Organisasi, yang antara lain, seluruh laporan hasil kerja harus dilaporkan kepada wilayah daerah kerja masing-masing.
Dalam hal ini wilayah kerja SMK Negeri 1 Cirebon Barat harus ke Kabupaten Cirebon.
Maka dari itu terhitung tanggal 1 April 1998 kegiatan PMI/PMR siswa SMK Negeri 1 Cirebon Barat, yang sebelumnya menginduk kepada PMI Cabang Kotamadya Cirebon, kami alihkan kepada PMI Cabang Kabupaten Cirebon.
Demikian pemberitahuan, agar maklum adanya.

Bentuk Pelantikan Anggota PMR Wira PMR kita di PMI Cabang Kabupaten Cirebon berbeda dengan PMI Cabang Kodya Cirebon. Pelantikan PMR Wira versi PMI Cabang Kabupaten Cirebon adalah pelantikan dilaksanakan oleh Pengurus PMR kita. Setelah itu peserta pelantikan diajukan ke PMI Cabang Kabupaten Cirebon untuk diproses dalam pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA).

Laporan Tim Redaksi Bulletin B@R , Sucipno, (yang dimuat dalam Bulletin B@R No.06 Tahun Ke-1, januari 1999)tentang Pelantikan anggota PMR kita yang tidak lagi dilantik oleg pengurus Cabang PMI tapi langsung oleh Pengurus PMR kita, hal ini sehubungan dengan perpindahan PMR kita ke PMI Cabang kabupaten Cirebon yang tidak pernah melantik langsung anggota PMR kelompoknya.

Pelantikan PMR Wira Kelas I SMK Negeri 1 Cirebon Barat (sekarang SMK N 1 Kedawung,-red.) diselenggarakan oleh Pengurus PMR Kelompok SMKN 1 Cirebon Barat masa bakti 1998/1999 di kampus SMK N 1 Cirebon Barat pada tanggal 13 Desember 1998.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelantikan anggota PMR Wira kelas 1 biasananya diselenggarakan oleh PMR-PMI Cabang Kotamadya Cirebon secara keseluruhan. Setelah PMR kita menginduk pada PMI Cabang Kabupaten Cirebon, Pihak PMI Cabang Kabupaten Cirebon mempercayakan acara pelantikan anggota PMR Wira kelas I tersebut kepada masing-masing PMR kelompok, termasuk PMR Kelompok SMK N 1 Cirebon Barat.

Acara pelantikan PMR Wira Kelompok SMK N 1 Cirebon Barat berlangsung selama satu hari, dari mulai pukul 07.30 sampai pukul 16.00.

Sebelum mereka dilantik menjadi PMR Wira, anggota PMR kelas 1 berada dalam satu ruangan untuk diberi tes awal dan materi kepalangmerahan. Kemudian secara bergantian per kelompok anggota PMR kelas 1 melewati pos-pos untuk diberi materi penggemblengan. Materi pos tersebut meliputi PU (pengetahuan Umum), pembuatan tandu dan pembalutan, serta organisasi dan kepemimpinan. Setelah mereka melewati pos-pos tersebut mereka masuk kembali ke ruangan semula untuk menyelesaikan pos akhir.

Pelepasan sal putih dan pemakaian sal kuning dilakukan oleh alumni PMR kita, yaitu saudara Sadori (mantan KABID I/ Diklat dan Operasional periode 1997/1998) secara simbolis dan sederhana. Hal ini dikarenakan pengurus PMI Cabang Kabupaten Cirebon dan Pembina PMR kita, Bapak Drs. Sugihartono tidak dapat menghadiri acara tersebut, yang menurut sumber berita dikarenakan ada kesibukan lain yang tidak dapat ditinggalkan.

Acara pelantikan anggota PMR WIRA kelas satu berlangsung sederhana tersebut cuma dihadiri oleh tiga orang alumni PMR kita, yaitu Jasina, Sucipno dan Sadori (*CN/Red)



Selanjutnya lihat Pelaksanaan Pelantikan PMR WIRA PMR kita per periode.

1 komentar: